Entri yang Diunggulkan

Perakitan Panel Capasitor Bank

TIPS MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK DI RUMAH ANDA

sumber gambar : ciricara.com/?p=2613 
Kebutuhan akan energi listrik saat ini sangatlah penting, hampir semua peralatan rumah tangga telah memakai listrik mulai dari penerangan lampu, pendingin ruangan, telekomunikasi, perlengkapan dapur, kamar mandi sampai  alat pengaman rumah, telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa kita tolak lagi. Dengan semua kebutuhan tersebut memaksa kita untuk mengalokasikan biaya perbulan untuk pembayaran  energi listrik dan itu tidaklah kecil.


Tips Menghemat Pemakaian Listrik Rumah :

Matikanlah peralatan listrik disaat tidak dibutuhkan.
Disiplin dalam pemakaian peralatan listrik sangatlah penting, terkadang kita sering lupa mematikan perlatan listrik setelah tidak digunakan lagi misalanya lupa mematikan lampu penerangan sehingga beropersi 24 jam,peralatan elektronik yang terus hidup, pendingin udara yang terus boeropersi,  pompa air yang terus hidup padahal tempat penampungan airnya sudah penuh dan mungkin banyak lagi  ketidak disiplinan penggunaan peralatan listrik yang sering kita lakukan dirumah.Ketidak disiplinan ini membuat  kita membayar biaya listrik padahal itu tidak kita nikmati atau tidak termampaatkan untuk kebutuhan kita.


Instalasi Listrik Rumah Harus memenuhi persyaratan
Insatalasi listrik  rumah  anda harus memenuhi persyaratan instalasi ,di indonesia persyaratan mengacu pada persyaratan umum instalasi listrik tahun 2000  (PUIL 2000 ). Instalasi yang kurang baik bisa mengakibat naiknya pemakaian listrik dirumah anda. Ada beberapa yang perlu kita perhatikan dalam instalasi listrik dirumah yang sering kita abaikan  sbb :
  • Penggunaan kabel instalasi listrik yang tidak memenuhi persyaratan.Gunakanlah kabel yang sudah terstadarisasi (SPLN,LMK,SNI) dan sesuaikan besar penampang kabel dengan beban yang dilayani untuk mengurangi rugi-rugi daya listrik ,menghindari terjadinya panas pada kabel yang bisa mengakibatkan terjadi kebakaran .Ada beberapa merk kabel yang beredar dipasaran yang mempunyai kwalitas baik dan sdh terstadarisasi mungkin bisa menjadi pilihan diantaranya : Kabel Metal,supreme,Kabelindo,Tranka,Eterna,Jembo.
  • Sambungan  kabel pada instalasi listrik yang kurang kencang mengakibatkan timbulnya  panas pada kabel dan ini juga bisa mengakibatakan terjadi kebakaran.
  • Instalasi Listrik yang sudah berumur dan tidak dilakukan penggantian ,Instalasi listrik yang sudah berumur bisa mengakibatkan menurunnya daya hantar kabel dan peralatan lain seperti sekring,saklar,stop kontak bisa kurang  bekerja sempurna
  • Insatalasi listrik yang kurang praktis atau terlalu banyak bentangan kabel yang begitu panjang sehingga mengakibatkan  banyak rugi-rugi daya listrik

Pemilihan peralatan Listrik yang tepat
Pemilihan peralatan listrik sangatlah penting bukan saja dalam membeli peralatan listrik untuk kebutuhan kita dirumah tetapi didalam perancangan dan pemasangan harus benar-benar diperhatikan karena kesalahan dalam perancangan bisa mengakibatkan  tingginya biaya listrik dirumah anda.Ada beberapa yang sering kita jumpai di masyarakat antara lain :
technorati code : 6JFBWW3GFRWF 

Komentar

  1. Nice artikel, infox b'manfaat ^^

    BalasHapus
  2. Thank you Nunu, kalau ada masalah kelistrikan di rumahta' just call on us via http://jasaelektrikal.blogspot.com/p/hubungi-kami.html

    BalasHapus
  3. tipsnya mantap, terimakasih. bisa lebih hemat nih, hemat listrik hemat biaya :)

    BalasHapus
  4. Salam kenal balik pak, Terima Kasih Telah Berkunjung ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar