Entri yang Diunggulkan

Perakitan Panel Capasitor Bank

TIPS MENGOPERASIKAN MESIN GENSET (GENERATOR SET) RUMAHAN


Kebutuhan akan energi listrik saat ini sangat penting, untuk menjamin ketersediaan energi  listrik rumah, kantor bahkan di industri  terkadang kita menyiapkan suber daya listrik selain dari perusahaan penyedia energy listrik (PLN) yaitu generator set (genset). Kami dari team “Jasa kelistrikan Makassar
Memberikan beberapa tips dan saran bagaimana mengoperasikan genset dirumah anda semoga bisa dapat membantu.


Ada beberapa  hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan dalam menghidupkan mesin genset,supaya mesin anda bisa beroperasi dengan baik  sebagai berikut :
  1. Sebelum mesin dihidupkan Periksalah minyak pelumas mesin  apa telah tersedia sesuai  takarannya.
  2. Perikasa Air pendingin mesin(Radiator) apabila mesin anda memakai pendingin Air,kalau tidak memiliki Radiator usahakan penempatan mesin genset Anda berada pada tempat yang sirkulasi udaranya bebas (tidaka kedap Udara)
  3. Periksa bahan Bakar mesin  
  4. Untuk mesin yang menggunakan Vanbelt periksa kekencangannya apa dalam kondisi sesuai.
  5. Periksa ketersediaan daya listrik ACCU dengan melihat pada alat ukur mesin bila tersedia bagi mesin yang menggunakan start elektrik.
  6. Pastikan MCB (Main Circuit Breaker)dalam keadaan off  sebelum mesin dihidupkan .
  7. Setelah semua syarat diatas  terpenuhi hidupkan mesin genset anda.
  8. Perhatikan semua alat ukur pada mesin(Volt meter menunjuk 220V/380V untuk Genset 3pole,HZ meter menujuk 50 Hz,),Setelah mesin genset beroperasi dengan stabil ,siap di hubungkan ke beban terpasng dengan tetap memperhatikan kemampuan dan kapasitas mesinnya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembebanan mesin genset sebagai berikut :
  1. Pastikan instalasi anda benar-benar terhubung  ke system instalasi  daya listrik  mesin genset  ,untuk  yang memakai COS(change over switch).
  2. Beban mesin genset  anda sesuai dengan kapasitasnya,lihat buku petunjuk pada mesin kalau buku petunjuknya sudah tidak ada, bebani  70 – 80 % dari maksimal kapasitas dengan tetap memperhatikan kondisi mesin yang sedang beroperasi.Hindari pembebanan maksimal pada mesin untuk menjaga lonjakan beban yang tidak bisa di perkirakan  karena akan merusak mesin genset  anda.
  3. Bebani mesin ganset anda secara bertahap untuk menghindari lonjakan beban yang  bisa merusak mesin genset anda.
  4. Selama mesin beropersi perhatikan suara mesin apakah tidak ada kelainan,perhatikan semua alat ukur yang ada pada mesin apakah bekerja dengan benar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mematikan mesin genset sebagai berikut :
  1. Mematikan mesin,dalam mematikan mesin genset Anda ,matikan semua beban daya listrik yang ter hubung ke mesin genset anda kemudian mesin genset anda boleh di matikan.
  2. Matikan mesin genset,off kan MCB (main circuit breaker) genset,tutup saluran bahan bakar.

Komentar